Cara Membuat Surat Keluar di SITASIP

15 Des 2020, by Admin Kearsipan

Home Sistem Cara Membuat Surat Keluar di SITASIP

Cara Membuat Surat Keluar di SITASIP

Langkah - Langkah Membuat Surat Keluar di SITASIP (Sistem Tata Naskah dan Kearsipan) 

1. Login ke sistem SITASIP dengan username dan password yang sudah disediakan.

2. Pilih menu Surat => Surat Keluar seperti gambar di bawah ini.

3. Setelah masuk ke menu Surat Keluar klik Button Tambah dan pilih jenis surat, di sini ada dua jenis surat yaitu Internal dan Eksternal. Internal digunakan untuk membuat surat yang di kirim antara biro/unit dalang lingkup universitas sedangkan Eksternal digunakan untuk membuat surat yang ditujukan kepada lembaga/institusi di luar universitas. Di sini sebagai contoh kita gunakan jenis surat internal seperti gmbar di bawah ini.

4. Inputan data surat ada beberapa jenis isian diantaranya.

  • Klasfikasi : Untuk menentukan jenis klasifikasi surat yang kita buat, misal disini saya membuat surat pengajuan anggaran ke rekoriat
  • Tujuan : Untuk menentukan tujuan surat dikirim ke unit ataupun biro yang dituju
  • Tanggal Surat : Untuk menentukan tanggal surat dibuat
  • Jumlah : Untuk menentukan jumlah lembar surat yang dibuat
  • Perihal : Untuk menetukan perihal apa surat dibuat
  • File : Untuk upload file surat yang akan dibuat ataupu dikirim

Isikan semua data tersebut dengan lengkap kemudian klik Simpan. Untuk detailnya seperti gambar di bawah ini.

5. Setelah itu buat nomor surat dengan klik button Buat nomor surat seperti gambar di bawah ini.

6. Langkah terakhir setelah nomor surat terbuat kirim surat dengan klik button Kirim seperti gambar dibawah ini.

Sekian untuk penjelasan langkah-langkah membuar surat di SITASIP (Sistem Tata Naskah dan Kearsipan) semoga bermanfaat.